Archive for the ‘Products’ Category

Kombucha untuk Kesehatan

Mungkin banyak yang belum dengar Kombucha. Ini sebenarnya minuman klasik yang berkembang di wilayah Asia timur. 10 th belakangan cukup populer di Amerika. Disukai banyak artis dan sesekali masuk dalam film-film disana. Kalau kalian tau yoghurt adalah fermentasi susu. Kombucha adalah fermentasi teh.

Hampir satu semester saya dan keluarga minum Kombucha. Kombucha saya buat sendiri di rumah. Awalnya, satu klien saya yang terkena kanker, beliau disarankan minum Kombucha sebagai minuman rutin nya. Saat menyerahkan dana klaim kankernya, saya dikenalkan dengan kombucha. Disitu saya ikut mencicipi, rasanya seperti tonik segar, asam kecut. Enak! Nah, mulailah saya membuat Kombucha sendiri di rumah.

Kalau kalian mau tahu manfaat apa yang diperoleh dengan konsumsi Kombucha rutin? Nah…silahkan search Google aja. Banyak kok yang info manfaatnya.

Kombucha minuman fermentasi teh yang manfaatnya banyak banget untuk kesehatan tubuh

Saya mau share aja apa yang saya rasakan sejak minum Kombucha :
* Badan terasa segar. Biasanya kalau kebanyakan AC baik di kantor maupun kendaraan, di rumah bisa pegal masuk angin. Ini terasa banget berkurang pegal nya.
* Bagi perempuan, menstruasi seringkali terasa ga nyaman, entah nyeri atau demam. Nah, rasa ini sangat berkurang, bahkan saya ga merasa seperti sedang waktu period bulanan saya. Sukak deh! Jadi nampaknya Kombucha melancarkan peredaran energi dan darah di tubuh, sehingga saat period bulanan, lancar, ga ada nyeri.
* Siang hari kalau ngantuk, saya pasti ngopi. Kali ini saya coba ganti dengan minum Kombucha. Nah! Rasanya mirip kopi…bukan rasa minumannya yaaa…tapi rasa di badan. Mata jadi segar, melek, enak.
* Kombucha juga jadi toner wajah. Agar wangi, saya tambah beberapa tetes essensial oil, seperti lavender atau tee tree. Asli, nyaman deh di wajah.
* Kombucha mix. Satu waktu, saya mix Kombucha dengan teh rosemary. Ini super enak rasanya. Dan pastikan yang minum bukan punya tekanan darah rendah yaa…hahaha agak kurang tepat, karena bisa turun tensinya. Jadi Kombucha mix rosemary adalah untuk yang punya hipertensi

Dari pengalaman ini, makanya saya berani info ke teman dan saudara kalau Kombucha adalah minuman kesehatan yang baik untuk tubuh.

Biasanya saya konsumsi sehari 1-2 gelas aja. Udah terasa kok di badan. Rutin tiap hari. Kalau tiga bulan sudah konsumsi. Bulan ke-4 boleh istirahat. Bulan ke-5 lanjut lagi. Sebenarnya ga masalah minum terus juga. Ini karena saya ingin coba kalau ga minum Kombucha sebulan, terasa apa di badan. Yang jelas, kangen sih rasanya minuman segar ini hahaha

Saya dan ponakan2 yang sukak Kombucha dingin…segar!

Oya, Kombucha juga bisa diminum anak-anak. Ponakan-ponakan saya suka, tapi Kombucha yang di kulkas ya, jadi dingin 🙂

 

Order Kombucha Starter :

Untuk kamu yang ingin bikin Kombucha sendiri, bisa order Kombucha Starter disini. Bisa dengan Gosend atau Grabsend. Bisa juga diambil di Pondok Bambu, Jakarta Timur, atau di Kuningan, Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Satu paket Kombucha Starter terdiri dari :
* Scooby (biangnya)
* Kombucha
* Teh melati
* Gula
* Toples kaca
* Kain tutup toples
* Cara bikinnya
Harga 1 set Rp 120rb. Ongkos Gosend / Grabsend masing-masing ya.

Ini untuk sekali bikin. Lama fermentasi 7-10 hari. Setelah itu, bisa bikin lagi terus menerus.

Sehingga ini bisa rutin jadi minuman sehat sekeluarga. Bisa bawa juga deh ke kantor seperti saya.

Saya suka sekali bawa kombucha ke kantor

Desie. A. Sari
Financial Consultan & Partner,
Praktisi Cosmic Intelligence

Order Kombucha Starter
* email : artshangkala@gmail.com
* wa : 089637274100

Buku : Data Kala Sejarah Kerajaan – Kerajaan di Jawa Barat

JUDUL BUKU      : DATA KALA SEJARAH KERAJAAN-KERAJAAN DI JAWA BARAT

(Hard Cover)

OLEH                      : ALI SASTRAMIDJAJA

PENERBIT            : SHANGKALA

www.shangkala.com &   www.artshangkala.wordpress.com

Keterangan :

Buku yang pertama kalinya terbit berisikan pengetahuan lengkap, jelas & detail tentang berbagai informasi yaitu :

  • Runtutan sejarah kerajaan-kerajaan yang ada di bumi Jawa Barat. Kerajaan tersebut adalah : kerajaan Salakanagara, Tarumanagara, Indraprahasta, Kendan & Medangjati, Galuh, Sunda, Wangsa Sanjaya, Saunggalah, Sunda Galuh, Kuningan, Pasundan Bubat, Cirebon, Sumedang Larang, Pajajaran, Sunda Kelapa, Banten, Talaga.  Serta wilayah-wilayah kekuasaan masing-masing kerajaan.
  • Kala/waktu kejadian-kejadian berdasarkan kala Caka (penanggalan Sunda: Kalangider) & kala Surya (kalender Masehi), sejak 0000 Caka atau 0122 Masehi hingga abad ke-20 Masehi.
  • Silsilah-silsilah kerajaan secara jelas.
  • Kepercayaan yang menjadi ageman tiap kerajaan & keyakinan baru yang dibawa oleh bangsa lain.
  • Para Raja yang Mulia, para Resi Agung, para Ksatria Pemberani, para Pengabdi yang setia dan keluarga kerajaan dengan perannya masing-masing (Aji Saka atau Ki Tirem, Sri Purnawarman Surya Maha Purusa, Resiguru Manikmaya, Maharaja Suradarma Jayaprakosa, Maharaja Tarusbawa, Prabu Gajah Kulwan, Rakyan Sanjaya, Resi Guru Demunawarman, Puteri Diah Pitaloka, Prabu Niskala Wastu Kancana, Pangeran Wangsakerta, dll).
  • Hubungan antar kerajaan sahabat di bumi Nusantara (Kerajaan-kerajaan di Jawa, Kalimantan, Bali, Sumatra,hingga Kamboja/Campa)
  • Kedatangan bangsa-bangsa luar Nusantara (India, Portugis, Cina, Arab, Belanda) ke dalam kerajaan-kerajaan Nusantara dan bentukan kerajaan baru.
  • Berbagai motif kedatangan bangsa-bangsa luar Nusantara di bumi Nusantara. Dari belajar batin dengan para Resi Agung, berdagang karena kayanya bumi Nusantara, mendirikan kerajaan, menyebarkan agama hingga melakukan penjajahan.
  • Peperangan (perang Bubat dll), perdamaian, perjanjian dan perkawinan antar kerajaan yang menjadi bagian sejarah bangsa.
  • Berbagai peninggalan kerajaan seperti aksara Ha-Na-Ca-Ra-ka, kalender Sunda Kalangider, situs-situs kuno (lingga-yoni, prasasti, petilasan, pohon hanjuang), makam. Semua merupakan wujud kebesaran kerajaan.
  • Catatan-catatan sejarah dari bangsa lain yang menjadi bukti kebesaran Nusantara.

Sebagai anak bangsa, kita dapat mempelajari banyak pengetahuan dari buku ini. Apa saja yang telah terjadi di masa lalu. Pelajaran & pengalaman apa yang dapat kita ambil. Hal-hal apa saja yang kita rasakan saat ini sebagai dampaknya. Wawasan-wawasan yang membantu kita melangkah lebih dalam dalam perjalanan kita saat ini di bumi.

Seorang sesepuh yang Nyunda memberi pesan pada kita di sini:

“Buang kebiasaan buruk lama. Pertahankan kebiasaan baik lama & Ambil kebiasaan baik baru”.

*

# Maaf kami tidak memproduksi buku ini lagi. Terima Kasih

Salam Budaya,

Shangkala

* * *

Berikut cuplikan buku ini :

Kerajaan Salakanagara

Kerajaan Tarumanagara

Kerajaaan Indraprahasta

Kerajaan Kendan

Kerajaan Galuh

Kerajaan Sunda

Wangsa Sanjaya

Kerajaan Saunggalah

Kerajaan Sunda-Galuh

Kerajaan Kuningan

Kerajaan Cirebon

Perang (Pasundan) Bubat

Kerajaan Sumedang Larang

Kerajaan Pajajaran

Kerajaan Sunda Kelapa – Jayakarta – Batavia

Kerajaan Banten

Kerajaan Talaga

Tabel Pemimpin Kerajaan Sunda, Galuh