Coklat untuk Kesehatan Tubuh, Pikir & Jiwa

Oleh : Desie Arumsari

(Chandra Yoga & Body Earth Healing teacher – Beauty&Health Acupuncturist)

****

Adegan pada Film MIB III (oleh Will Smith, Tommy Lee & Emma Thompson) :

Agen K (Smith) saat memasuki kantornya : “ Berikan saya susu coklat. Mana susu coklatnya? Cepat berikan saya susu coklat!”

Lalu seorang karyawan terburu-buru mengantarkan segelas susu coklat hangat pada K. Dan K langsung minum cepat-cepat susu coklat itu.

Bos MIB (Emma Thompson) yang baru melihat K minum coklat dan bertanya : “ K, sejak kapan kau suka susu coklat?”

K : “Hhh?” (sambil berusaha mengingat)

Bos MIB : “K, kamu tahu ga apa artinya bila kamu sedang menyukai susu coklat?”

K : (Bingung)

Bos MIB : “OMG, K itu berarti kamu sedang menjelalahi waktu. Kamu sedang bolak baik di kehidupan sekarang, masa lalu atau masa depan”.

***

Ribuan tahun lalu suku Maya dan Aztec di Meksiko sudah mengkonsumsi coklat. Mereka percaya coklat diturunkan dari surga kepada mereka oleh Dewa Pertanian.  Bagi mereka, coklat merupakan hidangan istimewa, karena merupakan makanan para dewa.

Coklat kemudian dibawa oleh bangsa Spanyol ke Spanyol abad 16. Dan menyebar ke dataran Eropa dan Amerika abad 17 dan berikutnya.

Beragam produk coklat dapat kita temui seperti : susu coklat, cake coklat, coklat batang, ice cream coklat, dll.

Sebenarnya apa sih yang membuat manusia suka coklat?

Tidak hanya karena rasa lezatnya yang khas, namun ternyata khasiatnya untuk kesehatan dapat kita dapatkan dari coklat :

  • Coklat mengandung antioksidan (flavanol). Sehingga menciptakan kelenturan kulit, meningkatkan hidrasi, kulit bersinar dan membantu mencegah kerutan pada kulit wajah dan tubuh.

Karena itu rumah-rumah spa di sudut manapun di dunia sudah sangat akrab dengan coklat. Spa menyediakan berbagai menu coklat dari lulur, scrub, masker, creambath, body butter dll.

  • Lemak dalam coklat mengandung asam oleat yaitu asam lemak tak jenuh. Asam oleat juga terdapat pada zaitun. Asam oleat sangat bermanfaat untuk kesehatan organ jantung. Karena membantu melancarkan peredaran darah pada jantung sehingga jantung sehat dan kuat.

Tips : Bagi penderita sakit jantung, konsumsilah minuman bubuk coklat. Anda dapat menambahkan madu atau gula aren.

  • Serat dalam coklat sangat baik untuk kesehatan usus besar dan usus kecil. Karena serat coklat membantu detoksifikasi pada kedua organ internal kita.

Tips : bagi yang menjalankan program diet, minum coklat panas pahit sehari 2x sangatlah disarankan.

  • Kafein dan theobomine pada coklat melancarkan chi (energy) pada tubuh, terutama organ kepala. Sehingga setelah minum coklat atau makan coklat batang, tubuh menjadi lebih segar dan terjaga.

Tips : Bawalah coklat batang saat berpergian. Dalam perjalanan saat lapar coklat membantu mengisi lambung sebelum makan besar. Coklat membuat anda terjaga saat mengantuk dan mengantri.

  • Coklat memberikan perasaan senang dan memperbaiki mood. Menurut para peneliti kandungan phenylethylamine (mirip amphetamine) meningkatkan serapan triptofan ke otak dan menghasilkan dopamine. Dopamine memberikan perasaan senang dan suasana hati gembira.

Seorang aura reader mengamati warna minuman coklat panas. Terdapat beragam warna cantik dan cerah pada aura coklat yaitu warna:  merah, orange, kuning, hijau, biru, ungu, coklat, putih. Warna-warna tersebut merupakan warna aura pada tubuh kita (tubuh elektromagnetik). Sehingga mengkonsumsi coklat sangat baik untuk membersihkan semua aura tubuh dari energy negative yang ada pada tubuh elektromagnetik kita.

Salah satu Yogi mengatakan konsumsi coklat membawa dirinya ke alam meditasi lebih cepat (daripada saat tidak mengkonsumsi sebelumnya). Jelaslah bahwa para yogi, pertapa, suku-suku kuno di belahan bumi manapun menikmati coklat untuk membantu membawa mereka ke alam transenden, alam meditasi, alam menjelajah lorong waktu, seperti halnya agen K.

Dari manfaat di atas, agar dapat kita pahami bahwa coklat memberi manfaat kesehatan pada tubuh fisik, tubuh mental (pikir), tubuh elektromagnetik (aura) dan tubuh spiritual.

mmm nyam nyammm …. I love chocolate

***

About Desie Arumsari

One response to this post.

  1. DAHSYAT SEKALI, SALAM POSITIF…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: