Chi dan Energi Penyembuhan

Disarikan Oleh :

Hendra Lawadi, Healer & Physical Awareness Mentor

“Aku melihat kamu bermahkotakan Kemuliaan Alam Semesta dan bersenjatakan kekuatan Alam Semesta. Dari seluruh sisi-Mu, aku melihat pancaran cahaya menakjubkan yang bersinar dan cemerlang penuh keagungan. Sungguh sulit untuk melihat diri-Mu dalam keadaan seperti itu, karena cahaya yang menyerupai sinar bagaikan jutaan Matahari dan berjuta-juta kali ”

 

Latihan Chikung di alam sangat baik untuk Kesehatan

APAKAH TAO ITU ?

 

Tao berarti jalan, yaitu jalan atau realitas alam semesta. Tao juga berarti cara manusia membuka pikiran dalam rangka mempelajari lebih jauh dunia ini, jalan spiritual, dan diri sendiri. Satu sistem yang praktis. Taoisme merupakan latihan tubuh, pikiran, dan roh, jadi bukan hanya filsafat roh. Bila kita telah sampai pada pemahaman hakiki tentang Tao, tentang pengetahuan dan kebijaksanaan sejati, kita mampu mengambil keputusan yang tepat dalam hidup.

Semua jalan spiritual bermuara pada kebenaran. Tao adalah filsafat sekaligus teknologi untuk mencari dan menemukan kebenaran universal, alam, dan manusia. Titik perhatian ajaran Tao melebihi perspektif mana pun juga. Tao bukanlah agama.

Dalam Taoisme tidak ada guru tunggal karena kita menjadi guru bagi diri sendiri, kita mampu mengontrol nasib kita sendiri, mampu mengetahui siapa sebenarnya diri kita yang sebenarnya karena menjelajahi kekuatan maha dahsyat yang tersembunyi dalam kemanusiaan Tao. Tuhan yang agung, orang yang bijaksana, nabi, serta orang-orang suci adalah guru dan pembimbing kita.

Latihan Tao juga mengajarkan bagaimana seharusnya kita kembali ke asal, yaitu Wu Chi (Tuhan). Kita akan mendapatkan kemerdekaan spiritual selagi belajar hidup selaras dengan alam semesta.

Meditasi mengembangkan kekuatan mengontrol pikiran, menyimpan, mendaur ulang, mengubah, dan mengalirkan Chi (dalam bahasa Cina yang berarti energi atau daya kehidupan) lewat saluran-saluran utama akupuntur tubuh. Melalui pengaturan Chi yang efektif, perilaku sehari-sehari bisa dikendalikan dengan lebih baik; dan lewat penggunaan energi ini secara bijaksana, kita memiliki Chi yang tiada batas.

Jika kita berkesempatan membangkitkan atau memberi napas baru pada roh abadi dalam hidup, cahaya primordial akan membangkitkan kita pada saat mati. Meskipun begitu, hal ini menyedihkan karena kita terlatih atau memiliki bekal cukup mengikuti cahaya tersebut. Dalam perjalanan panjang tersebut tubuh energi adalah kendaraan yang sangat penting. Kita dapat melatih dan mendidik tubuh energi sehingga dapat membantu roh yang tidak terlatih untuk mengenali dan mengikuti cahaya primordial kembali ke sumber hakiki. Yang juga tidak kalah pentingnya adalah mengembangkan “kompas internal” yang terkait dengan kelenjar pineal, untuk membantu kita memusatkan perhatian pada cahaya tersebut bila saatnya tiba. Wu Chi atau Kehampaan Agung. Pada umumnya mereka digambarkan sebagai tiga kaisar yang bertempat tinggal di tiga Tan Tien, yaitu istana tubuh bagian atas, tengah, dan bawah. Dengan memupuk tiga kekuatan, yang terwujud dalam tubuh manusia sebagai Ching, Chi, dan Shen, kita bisa mempercepat perkembangan tubuh fisik, tubuh energi, dan tubuh spiritual.

Tan Tien Atas berhubungan dengan otak, kelenjar, energi alam semesta, dan kosmos lewat kekuatan Shen atau roh. Ia mencakup Mata Ketiga, mahkota, dan kepala secara keseluruhan.

 

Tan Tien Tengah berkaitan dengan jantung dan semua organ lain lewat kekuatan alami roh manusia, yang dikenal dengan Chi.

Tan Tien Bawah berhubungan dengan tubuh fisik, tubuh energi, dan Ibu Bumi lewat kekuatan Ching (kadangkala dieja “Jing”). Tempatnya terletak di antara pusar dan ginjal.

 

APAKAH CHI ITU ?

 

Dalam Taoismeprinsip umum terpenting adalah konsep Chi. Dalam sejarah filsafat Cina, konsep ini dikembangkan dalam karya-karya popular karangan Lao zu (604-511 SM) dan Chuang Tzu (399-295 SM), namun konsep ini telah muncul jauh sebelumnya. Kata Chi memiliki banyak terjemahan, seperti energi, udara, napas, angina, napas vital, inti vital, dan sebagainya. Meski sulit di cari arti yang sebenarnya, chi bisa dipandang sebagai energi aktif di alam semesta.

Chi memadat dan menyebar dalam siklus energi positif dan negatif (Yin dan Yang) yang bertukaran satu sama lainnya, sifat materinya bisa dilihat dalam berbagai ukuran, bentuk, dan cara yang berbeda. Chi Tidak bisa diciptakan atau pun dihancurkan.

 

Hendra Lawadi melatih Chikung pada tim Orchestra yang sedang tour Australia (Melbourne, Canberra, Sydney)

 

CHI DAN PENYEMBUHAN DIRI

 

Menurut perspektif Tao, kesehatan dan penyembuhan tergantung pada kuantitas serta kualitas Chi dalam tubuh. Akupuntur, akupresur, herbologi, dan cara penyembuhan lainnya bekerja secara langsung untuk menyeimbangkan energi batin. Chi merupakan faktor sementara dalam seluruh fenomena yang berhubungan dengan tubuh. Sebagai contoh, kurangnya Chi pada ginjal bisa menyebabkan sakit fisik dan psikologis.

Latihan memperkuat otot-otot dengan energi tubuh bisa mengembangkan kemampuan lebih banyak dalam mengkonsumsi Chi. Pengikut ajaran Tao sadar, dengan membuka saluran-saluran energi utama bisa meningkatkan efektifitas sirkulasi Chi sekaligus memperkuatnya dengan energi yang diserap dari sumber-sumber eksternal. Menurut mereka meditasi, diet yang tepat, dan latihan sangat penting bagi kehidupan dan perkembangan spiritual seseorang.

Dengan menghilangkan rintangan dan meningkatkan aliran Chi, kita bisa mengobati diri sendiri tanpa melalui perawatan medis. Memanfaatkan Chi untuk penyembuhan tubuh merupakan bentuk akupuntur “tanpa jarum.” Dengan menggunakan indera batin untuk mengalirkan Chi lewat Orbit Mikrokosmos membuat saluran tubuh lebih bersih dan terbuka, sehingga kesehatan internal bisa mempertahankan dirinya sendiri. Latihan tidak saja menghilangkan rintangan sehingga aliran Chi menjadi lebih lancer, namun juga membantu tubuh menyerap lebih banyak Chi dari sumber-sumber lainnya.

Chi eksternal yang berasal dari bumi, matahari, dan bintang-bintang bisa diubah untuk memperkuat daya kehidupan demi penyembuhan diri dan perkembangan spiritual. Pusat-pusat Orbit mikrokosmos selain menerima kelebihan Chi dari sumber-sumber eksternal juga mendapat pasokan dari organ-organ dan kelenjar-kelenjar (sumber internal). Sirkulasi energi memperkuat titik-titik yang lemah dan menyeimbangkan Chi dalam tubuh, sehingga tidak harus selalu menggantungkan diri pada akupuntur dan obat-obat medis lainnya. Proses internal memungkinkan tubuh mempertahankan kesehatannya sendiri dan mencegah infeksi penyakit.

DUA TIPE CHI INTERNAL

Meskipun terdapat berbagai tipe hi yang berbeda satu sama lain, tipe tersebut bisa digolongkan dalam dua kategori besar: Chi yang berasal dari keturunan (Hereditary Chi) dan Chi yang diperoleh selama hidup (Acquired Chi).

Dengan mempetahankan Chi asli, kita dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan berumur panjang. Tapi jika lalai mengisi-ulang, maka “baterai internal” akan semakin lemah.

Setiap saat kita bernapas, Napas Asli dari perut bawah naik ke mulut dan bercampur dengan udara yang berasal dari luar. Kita dapat belajar teknik menyerap Kekuatan Bumi lewat organ seks, kerampang, dan sacrum; Kekuatan Kosmos lewat alis; dan Kekuatan Universal lewat mahkota. Teknik-teknik pernapasan tingkat tinggi memungkinkan kita bernapas lewat seluruh anggota tubuh.

Bernapas merupakan salah satu fungsi terpenting untuk mempertahankan hidup. Namun, yang tidak disadari adalah partikel-partikel energi kosmos dalam atmosfir sama pentingnya demi keberlangsungan hidup seperti oksigen. Partikel-pertikel ini juga disebut Kekuatan Langit Kemudian. Elektron memasok aliran listrik dalam sel-sel tubuh. Jika habis, maka kita akan cepat lelah, tak berdaya, dan tertekan, atau mungkin menderita akibat emosi-emosi negatif, dan tidak menutup kemungkinan penyakit fisik.

Otak, karena keunggulan dan perannya yang sangat penting dalam seluruh aktifitas, membutuhkan Chi yang proporsional dan jumlahnya lebih besar daripada organ-organ tubuh lainya, agar dapat berfungsi secara efisien.

Latihan Chikung akan membantu merangsang harmoni antara tubuh dan pikiran, dan membuat kita lebih sensitive terhadap kebutuhan-kebutuhan fisik yang diperlukan untuk dapat berumur panjang dan tetap sehat. Kualitas pengetahuan ini meletakan pikiran dan tubuh dalam hubungan yang paling baik.

Bentuk seni Nei Jin Qi Gong dari Shaolin pada mulanya merupakan tradisi rahasia yang disampaikan oleh seorang rehib pengembara dari India bernama Da Mo, yang kemudian hari dikenal sebagai Bodhidharma. Ia dilahirkan pada tahun 440 Masehi di Kanchi, ibu kota kerajaan Palawa di India Selatan. Ia kini dihormati sebagai orang yang membawa teknik meditasi ke Cina. Bodhidharma juga dianggap sebagai pendiri Buddhisme Chan, yang dikenal juga di Jepang sebagai Zen.

Di Negara Cina terdapat lebih dari 3.000 jenis Chikung dan berbagai rumusan mengenai cara terbaik untuk mengembangkan Chi. Teknik-teknik itu meliputi metode berkonsentrasi pada bagian tubuh tertentu atau pusat-pusat energi. Inti utama dari pusat-pusat ini adalah Shimen, yang juga dikenal sebagai titik Tantien. Shimen merupakan suatu titik yang terkenal dalam ilmu bela diri. Titik ini dapat ditemukan kira-kira satu setengah inci di bawah pusar dan satu setengah inci ke dalam perut. Titik ini dianggap sebagai pusat tubuh. Dalam latihan-latihan lainnya, meditasi digunakan secara khusus bersamaan dengan sikap tubuh, untuk mengkonsentrasikan Chi di daerah itu.

Teknik-teknik Chikung yang aneh, yang didasarkan pada titik Shimen, dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan. Beberapa metode dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks, memperbaiki sirkulasi, atau meningkatkan kualitas dan kuantitas Chi yang sudah ada. Juga ada metode lain yang berfokus pada menggerakkan Chi di seluruh tubuh secara lebih efisien atau menyalurkannya pada orang lain.

Siapa saja yang mempunyai cinta kasih yang sebenarnya akan mampu memiliki dan menggunakan tenaga Chi untuk pengobatan. Chi ini dapat lansung diserap dari alam / udara di sekitar kita.

Secara umum terlihat bahwa pendeta Tao lebih sehat dan berumur panjang dibandingkan dengan pendeta Budha. Pendeta Budha lebih mengutamakan semedinya untuk mencapai pencerahan tetapi kurang memperhatikan tubuh fisiknya. Sedangkan pendeta Tao beranggapan bahwa siapa saja yang mau mencapai pencerahan sebaiknya juga bertubuh sehat dan kuat.

MEDITASI MIKROKOSMOS DARI TAO

Sesungguhnya chi mengalir dengan sendirinya di dalam tubuh tanpa berhenti. Saluran aliran Chi yang utama disebut orbit mikrokosmos. Orbit inilah yang yang ditempuh sewaktu anda melakukan meditasi mengembara. Dalam meditasi mengembara, pikiran digerakkan di sepanjang saluran dan dilakukan berulang-ulang dengan tidak keluar dari orbit.

Meditasi mengembara adalah bagian kecil yang penting dan bila dilakukan akan memperlancar dan memperbesar aliran Chi yang berada di dalam tubuh.

Delapan gerak tangan dan lima gerak kaki mendapat inspirasi dari konsep Delapan Trigram atau bagua (pakua) dan Konsep Lima Unsur atau wuxing (wu hsing) dalam filosofi aliran Tao. Bagua dan wuxing berkaitan erat dan princip yin-yang merupakan dasar gerakannya.

Yi Jing (I Ching), Kitab Perubahan (Book of Change) tidak hanya dalam soal keTuhanan, tetapi juga dalam berbagai bidang, seperti strategi militer, pemerintahan, dan ekonomi. Wuxing adalah Konsep Lima Unsur alam semesta, yang diwakili oleh logam, air, kayu, api, dan tanah.

Pengolahan spiritual dalam Tai Chi Chuan dan Taoisme dibagi menjadi tiga tahap: mengubah jing atau esensi menjadi Chi atau energi, mengubah energi menjadi shen atau spirit, dan mengembangkan spirit ke kehampaan besar. Dua tahap pertama diselesaikan melalui Chikung, dan tahap tertinggi melalui meditasi.

Seni paling penting dari penganut Tao Chi Kung untuk pengolahan spiritual adalah Alam Semesta Kecil dan Alam Semesta Besar. Alam Semesta Kecil disebut juga Aliran Mikrokosmis, mengedarkan energi vital ke seluruh tubuh, melalui ren atau meredien konseptual dan du atau meridian yang mengalir. Aliran energi yang konstan di sepanjang dua meridian yang mengalir. Aliran energi yang konstan di sepanjang dua meridian penting ini membawa banyak manfaat bagi kesehatan.

Dengan gerakan tertentu membuka 12 meridien utama dan 2 meridien istimewa. Chi selaras, seimbang menjadikan kesadaran fisik, mental, jiwa dan spiritual.

***

Related Articles :

Prosedure Darurat Gempa Bumi
Krakatau (Indonesia)
Krakatau (English)
Earthquake Emergency Procedure
Earthquake Cloud
Awan Gempa
Tanda-Tanda Dari Hewan Terhadap Bencana Alam
Animal Signs of Natural Disaster
Orbs (English)
Orbs (Indonesia)
Dialog Dengan Orbs
Kelas Yoga & Singing Bowl (Genta Tibet)
Yoga Class
Pengertian Yoga
Asanas Yoga, Jiwa Gembira Melalui Gerakan-Gerakan Tubuh
Asanas Yoga. Healthy & Happy of Body & Soul
Prenatal Yoga
Yoga Ibu Hamil
Meditasi
Rileksasi Dalam
Meditation
Cakra & Kundalini
Holistic Healing Workshop
Holistic Healing Workshop – English
Awareness is Key to Evoke Healing Light
Kesadaran adalah Kunci Membangkitkan Cahaya Kesembuhan
‘Ancient Tantra Kriya Yoga’ & ‘Energy Transformation Micro – Macrocosm’ Workshop
Deep Inside ‘Nyepi’ – Silence Day (Hindu Lunar New Year)
Body Earth Healing
Aura Colors Reading Workshop
Yin Yoga & Consciousness Meditation at the STONES, Kuta, Bali
The Studio Wellness Program at the STONES, Kuta, Bali
Chi dan Energi Penyembuhan
Natural Healing with Acupuncture
Acupuncture for Slimming
Acupuncture for Beauty
Teri Fish & Honey Fried Rice
Heart, Hands & Orbs at Merapi Volcano, Central Java
Surya Candra Bhuana
Reiki di Pulau Dewata Bali
Nerang – Rain Stopper
Bali Classical Dance Course 
Int’l Performance of I Putu Silaniyama
Pelatihan Perguruan Silat Tadjimalela
Prosesi ala PS Tadjimalela
Seruling Dewata
Thanks for What We Have – Music Performance at the Orphanage
Berkaca pada Anak-Anak sebuah Kerukunan Antar Umat Beragama
Reflectiong on Children Innocence of a Harmony Life among People Different Religious
Gurindam Dua Belas
Boats & Ships during Kingdoms Era in Nusantara Archipelago
Perahu-Perahu di Masa Kerajaan Nusantara
Asal-Usul Bahasa Nasional, Bahasa Indonesia
Lahirnya Pancasila 1 Juni 1945
Dialog Dengan Orbs
Kesadaran Kosmos & Zona Photon
Proyeksi Nusantara
The Gaia Project 2012 (Indonesia)
The Gaia Project 2012 (English)
Wejangan Leluhur
Jati Diri & Rasa
Sejarah Bangsa & Tanah Air Indonesia (Purbakala/The Last Continent)
Garuda Pancasila
Bhinneka Tunggal Ika
Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia
15 Sifat Kepemimpinan Mahapatih Gajah Mada dalam Negara Kertagama oleh Mpu Prapanca
Karya Nyata Gotong Royong
19 Unsur Proses Perjalanan Rohani
Metta Karuna Pray

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: