Kelas Yoga dan Singing Bowl (Genta Tibet)

Oleh : Desie Arumsari

(Chandra Yoga Teacher, Body Earth Healing & Acupuncture Therapist)

Sebagai instruktur yoga, saya kadang suka berpikir bagaimana membawa para peserta dalam keadaan yang disebut ‘meditasi’. Kebanyakan orang tak pernah meditasi, jadi sulit bagi saya untuk memberikan kelas meditasi pada para peserta yoga baru. Karenanya saya membuat beberapa tahapan dalam pengajaran yoga dalam kelas saya. Biasanya dalam kelas dasar, saya memberi pengajaran asanas.

asanas yoga

Asanas merupakan pose, gerakan alamiah tubuh untuk melenturkan, menguatkan tubuh. Sehingga tubuh akan merasa rileks dan sehat sekaligus. Bagi yang memiliki masalah pada tulang belakang, biasanya berangsur-angsur membaik setelah berlatih asanas. Ada manfaat lain dari asanas yaitu pikiran menjadi tenang dan nyaman. Beberapa peserta yoga mengatakan bahwa tingkat emosi mereka menurun dan lebih terkontrol. Sebenarnya masing-masing peserta merasakan manfaat asanas yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi tubuh, pikir dan jiwa mereka.

asanas yoga1

Bila para peserta sudah dapat melakukan asanas sendiri, baik secara teknis gerakan,  maupun mereka dapat merasakan gerakan-gerakan tersebut tak sekedar tubuh yang bergerak, tapi juga jiwa yang bergerak, maka saya dapat melanjutkan pengajaran berikutnya, yaitu meditasi dengan singing bowl.

Lebih dalam mengenai asanas yoga pada artikel berikutnya.

Singing Bowl – Genta Tibet

Kebanyakan orang menyebutnya ‘singing bowl’, atau mangkuk yang bernyanyi. Karena asalnya dari Tibet, maka saya menyebutnya juga ‘genta Tibet’. Dari dahulu hingga sekarang, singing bowl digunakan para bikhu dan lama di Tibet untuk berdoa dan meditasi. Sebenarnya singing bowl tak hanya ditemukan di Tibet saja, hampir di semua Negara Asia terdapat genta ini seperti Jepang, Nepal, Cina, Himalaya dan India. Bentuk dan fungsi yang fundamental sama, hanya beberapa ornament, tulisan dan bahan pembuatannya yang agak berbeda. Dan fungsinyapun kemudian berkembang, dari ritual di dalam kuil menjadi berbagai macam manfaat luas, seperti penciptaan aransemen music kontemporer, music terapi dan juga terapi penyembuhan dengan media air dalam genta.

singing bowl

Singing bowl dapat berbunyi karena material pembuatan, bentuk dan ukurannya. Materialnya dari perunggu, perak bahkan ada yang dari Kristal. Suara yang dihasilkan sangat lembut mengalun. Dari nada rendah dapat naik ke nada tinggi.

Dalam kelas yoga, singing bowl menjadi media meditasi. Sengaja saya menggunakan alat ini sebagai media meditasi karena genta ini bila dibunyikan akan menghasilkan getaran dan suaranya yang lembut, dapat membawa pendengar dan pemainnya ke alam trans, alam meditasi. Walaupun saya memiliki koleksi music meditasi singing bowl, saya lebih menyukai membawa singing bowl saya sendiri dan membunyikan langsung di tengah kelas.

Biasanya dalam satu kelas yoga, hanya terdiri dari maksimal sepuluh peserta. Selesai asanas, kami melingkar. Saya bebaskan mereka untuk duduk santai atau posisi terlentang. Yang penting adalah mereka benar-benar dalam kondisi siap yang santai tuk mendengarkan nyanyian genta yang akan saya mainkan.

Saya duduk bersila, di depan saya singing bowl dan tongkat kecilnya. Hening sejenak saya mengambil beberapa nafas panjang. Berusaha membawa kesadaran batin nan terang, lembut namun kuat. Saat saya sudah berada dalam kesadaran ini, saya memegang tongkat kecil dan saya mengetuk beberapa kali pada tepi-tepi genta. Kemudian perlahan tongkat memutari genta, searah jarum jam. Pelan…sekali. Pada awalnya alunan yang keluar belum begitu jelas. Lama-lama terdengar jelas. Lalu biasanya di awal bunyi ini, singing bowl mulai membersihkan kami semua yang berada di ruangan. Suaranya mulai terdengar tidak halus, berderik. Bisa di tempat putaran yang sama atau berbeda. Tergantung arah mana yang sedang dibersihkannya secara alami. Saya nikmati putaran suaranya dan getaran berderik-derik yang fals ini. Perlahan nafas semakin panjang membuat alunan semakin halus. Dan saya sadari para pesertapun terlarut dalam suasana ini. Hingga beberapa menit kemudian suaranya menjadi halus, tanpa derik-derik falsnya. Ini berarti energy dalam ruangan ini sudah bersih, seimbang. Saya merasakan pikiran menjadi ringan…santai yang teramat dalam. Saya terus memainkan dan suaranya semakin halus, lembut.

Kemudian saya mendengar beberapa peserta mengeluarkan helaan nafas dan mendengkur. Saya tersenyum, ya sebagian peserta sudah tertidur, tanpa mereka sadari. Terus saya lanjutkan memainkan singing bowl. Saya terbawa ke alam damai, trans, dan rileks. Jiwa saya terang lembut dan perlahan naik terus ke atas ke mana alunan membawa saya naik. Saya merasakan para pesertapun ada yang ikut naik dalam alam trans ini, sangat alami. Hingga suara singing bowl melemah dan menghilang dengan sendirinya. Berarti selesailah saya membunyikannya, waktunya selesai dan bangun kembali.

Saya membuka mata. Para peserta masih terpejam dan sebagian tertidur. Saya katakan ‘selesai’. Mereka bangun, beberapa yang masih tertidur sengaja kami biarkan. Tak lebih dari satu menit, mereka akan terbangun dengan sendirinya.

Saat semua sudah membuka mata, para peserta saling tersenyum satu sama lain. Mulailah kami berbagi pengalaman menceritakan apa yang kami rasakan di alam tadi. Ada yang merasakan kepalanya terasa berat dan sangat mengantuk. Ada yang tubuhnya terasa ringan dan terbang tinggi. Ada yang melihat cahaya, satu warna atau beberapa warna. Ada yang merasa tenang. Adapula yang pusing atau mual. Pusing dan mual biasa dirasakan bagi peserta yang baru pertama kali mendengar alunan singing bowl. Apalagi bila sedang tidak enak badan atau sakit. Tau sedang mempunyai banyak pikiran. Ini berarti alunan genta memurnikan pikiran dan tubuh. Sehingga tubuh dan pikiran bereaksi dalam proses ini dan muncullah pusing atau mual. Tapi hal ini tak lama. Dalam pertemuan berikutnya, pada saat singing bowl dimainkan kembali, biasanya pusing dan mual sudah berkurang. Atau hilang sama sekali.

Pada pertemuan kelas yoga berikutnya, saya kembali memainkan singing bowl.

singing bowl2

Manfaat Lain dari Singing Bowl

Memurnikan Energy di Suatu Tempat

Sering saya berpergian dari satu tempat ke tempat yang lain. Biasanya dalam kopor saya, tak lupa saya membawa singing bowl. Ada alasannya mengapa saya melakukan ini. Di tempat yang baru, dimana saya pertama kali  datang, saya mainkan singing bowl. Agar energy ruangan dan wilayah sekitarnya netral dan murni. Agar diri saya dapat masuk dengan baik di wilayah baru dan diterima dengan baik. Sehingga tujuan saya datang ke tempat tersebut tercapai.

Terapi Kesehatan

Ada kalanya singing bowl memberi manfaat sederhana bagi saya. Bila seseorang yang saya kenal dan berada di depan saya sedang sakit, kemudian naluri saya berjalan, saya kan mengambil air. Air segelas atau semangkuk kecil saya masukkan ke dalam genta ini. Terapi kesehatanpun dimulailah. Dengan niat tuk memurnikan energy si sakit, maka saya mulai mengalunkan singing bowl. Pasti awalnya akan berderik-derik. Karena alunan singing bowl tersambung dengan orang yang sakit dan energinya kacau seperti derik suara yang keluar. Lama-lama halus dan di mangkuk keluar gelembung-gelembung kecil yang lincah. Biasanya ini timbul dalam 5-10 menit. Pertanda air sudah siap untuk diberikan pada orang yang sakit. Biarkan di minum.

Terapi ini dapat dilakukan berulang kali dalam satu hari. Efek memang tak langsung tampak, tapi berangsur-angsur. Terapi yang sangat mudah dilakukan. Siapapun dapat belajar dalam waktu singkat.

meditasi dengan Singing Bowl

*********************************************************************************

Just CONTACT US when your GROUP or COMPANY want to held these workshop / class :

* Chikung Class

* Yoga Nusantara

* Consciousness Meditation

* Cosmic meditation

* Full-moon meditation

* Elder (for 50 years above) group meditation

* Yoga for children

CONTACT :

HP/ Whats app:  +6289637274100

Email/Facebook : artshangkala@gmail.com

*********************************************************************************

Artikel terkait :

Yoga Class
Pengertian Yoga
Asanas Yoga, Jiwa Gembira Melalui Gerakan-Gerakan Tubuh
Asanas Yoga. Healty & Happy of Body & Soul
Prenatal Yoga
Yoga Ibu Hamil
Meditasi
Rileksasi Dalam
Meditation
Cakra & Kundalini
‘Ancient Tantra Kriya Yoga’ & ‘Energy Transformation Micro – Macrocosm’ Workshop
Deep Inside ‘Nyepi’ – Silence Day (Hindu Lunar New Year)
Yin Yoga & Consciousness Meditation at the STONES, Kuta, Bali
The Studio Wellness Program at the STONES, Kuta, Bali
Chi dan Energi Penyembuhan
Natural Healing with Acupuncture
Acupuncture for Slimming
Acupuncture for Beauty
Teri Fish & Honey Fried Rice
Heart, Hands & Orbs at Merapi Volcano, Central Java
The Studio Wellness Program at The Stones, Kuta, Bali
Surya Candra Bhuana
Orbs at Yoga Class
Orbs & Light Beings in Ancient Tribe, Java-Indonesia
Conversation with the Orbs
Reiki di Pulau Dewata Bali
Nerang – Rain Stopper
Rain Stopper
Senam Sehat Seumur Hidup
Thanks for What We Have – Music Performance at the Orphanage
Wejangan Leluhur
Manusia Seutuhnya
Manusia & Fitrahnya
Kehidupan
Peranan Perempuan dalam Skenario Blueprint Pancasila
Makna Ilmu & Pengetahuan (bagian I)
Berkaca pada kepolosan anak-anak sebuah kerukuan hidup antar umat beragama
Reflectiong on Children Innocence of a Harmony Life among People Different Religious
Kebijaksanaan Dari Visi Kepemimpinan
Jati Diri & Rasa
Gurindam Dua Belas
Boats & Ships during Kingdoms Era in Nusantara Archipelago
Perahu-Perahu di Masa Kerajaan Nusantara
Asal-Usul Bahasa Nasional, Bahasa Indonesia

Kesadaran Kosmik & Zona Photon (Photon Belt)
Proyeksi Nusantara
19 Unsur Proses Perjalanan Rohani
The Gaia Project 2012 (English)
The Gaia Project 2012 (Indonesia)
Serat Jayabaya (Jawa)
Ramalan Jayabaya (Indonesia)
Jayabaya Prophecy (English)
Sejarah Bangsa & Tanah Air Indonesia (Purbakala/The Last Continent)
Garuda Pancasila
Bhinneka Tunggal Ika
Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia
15 Sifat Kepemimpinan Mahapatih Gajah Mada dalam Negara Kertagama oleh Mpu Prapanca
Bali Classical Dance Course
Int’l Performance of I Putu Silaniyama
Perguruan Silat Tadjimalela
Pelatihan PS Tadjimalela
Prosesi Ala PS Tadjimalela
Junko Children Painting Course
Pengalaman Pelatih Silat Lokal di Kancah Global
Momen Pelatihan dan Kejuaraan Timnas Indonesia
PS Tadjimalela – Konsolidasi Batin dalam Halal bi Halal
Prosedure Darurat Gempa Bumi
Krakatau (Indonesia)
Krakatau (English)
Earthquake Emergency Procedure
Earthquake Cloud
Awan Gempa
Tanda-Tanda Dari Hewan Terhadap Bencana Alam
Animal Signs of Natural Disaster

yoga taman kanak-kanak

Dibuka kelas baru 2013 : Yoga Nusantara di Puri Bintaro

Yoga Anak pada Namaste Festival 2012

Shangkala Team in Wellbeing Sanctuary at Namaste Festival 2012

Namaste Night Celebration, guided by Shangkala 24 November 2012

Workshops Cosnciousness Microcosm Energy by Shangkala-Desie-Hendra in Namaste Festival 2012

Bedah Buku: Sang Pembawa Cahaya (Bringers of the Dawn) Pengajaran dari Pleiadian – Barbara Marciniack oleh Shangkala

Fullmoon Meditation, June 2012, Jakarta

Tranquility Weekends Workshop with Sang Kala Tenang Putri

Chikung 1 (Basic Qigong) Class

Holistic Healing Workshop

Yoga Nusantara : Body Earth Healing

‘Ancient Tantra Kriya Yoga’ & ‘Energy Transformation of Micro-Macrocosm’ Workshop

Yin Yoga & Consciousness Meditation at the STONES, Kuta, Bali.

Asanas Yoga, Jiwa Gembira Melalui Gerakan-Gerakan Tubuh

Kelas Yoga & Singing Bowl (Genta Tibet)

7 responses to this post.

  1. Posted by maria hartiningsih on January 31, 2010 at 8:28 am

    Saya membeli singing bowl dari Kathmandu, Nepal, beberapa waktu lalu. Bunyinya kurang jernih, dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan bunyi yang murni. Menurut Pak Tjip, pemilik toko Shambala di Pondok Indah Mall, bowl yang saya miliki — warnanya kusam, tetapi ada ukiran melingkar berbahasa Pali, yang bunyinya Om Mani Padme Hum (Semoga Semua Mahluk Berbahagia) — hanya dibuat dari tiga unsur logam dari seharusnya tujuh unsur. Memang singing bowl itu saya beli di pinggir sebuah kuil. Saya kemudian pesan pada Pak Cip, kalau ada yang kecil, saya mau beli. Setelah saya mendapatkannya, saya mencoba bunyinya, memang beda, jauh lebih nyaring dan sangat jernih. Tetapi kemudian saya belajar, soal kecepatan mendapatkan bunyi itu tergantung pada ‘rasa’. Meditasi menjadi sarana yang sangat baik untuk mendapatkan ‘rasa’ itu. Di Kathmandu saya juga membeli genta dan stick-nya, karena genta itu juga bisa mengeluarkan bunyi seperti singing bowl. Saya ingin mengenal komunitas Anda. Salam sejahtera, rahayu…

    Reply

  2. Salam Cinta.

    Bu Maria…membunyikan Singing Bowl memang dengan rasa, dihayati, dinikmati. Resonansi suara yang keluar tergantung dari jiwa dan pikir kita. Pada saat kita sudah sering meditasi, maka memang lebih mudah membunyikan singing bowl.
    Jenis dan ukuran singing bowl juga menentukan bunyinya. Jadi tak ada singing bowl yang buruk.
    Fungsinyapun dasyat. Dari memurnikan pikiran pemainnya, membersihkan kristal pribadi, membuat air obat alami, hingga mengirim energi penyembuhan dari suatu negara ke negara lain, dan banyak lagi! Dasyat sekali.
    Kapan kita kolaborasi singing bowl di alam? Kita lihat apa yang terjadi pada diri kita dan alam pada saat kita bersama-sama memainkan singing bowl?

    Slaman, slumun, slamet,
    A. Sari @ Shangkala

    Reply

  3. Posted by Agus on January 17, 2014 at 10:56 pm

    Bapak, boleh tahu dimana saya bisa mendapatkan/membeli singing biwl yang bagus di bali? Tks

    Reply

    • Singing bowl paling realis harganya (terjangkau) di Joger, Jl. Raya Kuta.

      Yang bnyk ragam pilihan di Toko Tibet, Jl. Raya Pantai Kuta. Yg jual mandala tibet. Cabangnya toko ini jg ada di Jl. Dewi Sita, Ubud.

      Di toko Namaste, Jl. Hanuman. Juga jual beragam singing bowl.

      Reply

  4. Posted by Geson pastriawan on August 6, 2016 at 9:44 am

    Brp kisaran harga ny

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: