Kebijaksanaan Dari Visi Kepemimpinan

Oleh : SKTP

Dari semua kebenaran Indah yang berhubungan dengan jiwa yang telah dipulihkan dan dicerahkan, tidak ada yang lebih menyenangkan atau menghasilkan dari janji agung ‘keyakinan’ ini : Bahwa kamu adalah penguasa pikiranmu, pembentuk karaktermu, serta pembuat dan penentu kondisi, lingkungan, dan takdir. (James Allen)

Saat orang mendengar kata  ‘kepemimpinan’ mereka hanya membayangkan pemimpin perusahaan yang memberi inspirasi kepada bawahannya untuk menjadi lebih produktif dan mendedikasikan diri pada sebuah visi masa depan yang terus maju untuk mencapai tujuan. Tetapi para bijak mengajarkan bahwa kepemimpinan sebenarnya jauh lebih luas dari itu.

‘Kepemimpinan sebenarnya adalah sebuah filosofi kehidupan’. Para manager dapat menjadi pemimpin yang hebat, begitu juga guru-guru yang peduli, ahli ilmu alam yang berdedikasi, dan juga para ibu yang penuh kasih sayang, pelatih tim olah raga dan politikus pemimpin masyarakat, kamupun juga demikian !

Semua itu bermula dari dalam diri, dengan memiliki disiplin diri untuk memimpin dan mengenal diri kamu sendiri, memahami bahwa inti kehidupan kamu terletak dalam kepemimpinan.

‘Menjadi diri kita sendiri, dan untuk menjadi seseorang yang sesuai dengan potensi kita, adalah satu-satunya akhir dari kehidupan’ (Robert Louis).

Ghandi dan Soekarno adalah merupakan pemimpin-pemimpin terhebat yang aku dan juga kamu kagumi yang serba bisa yang pernah ada di muka bumi. Mereka memiliki kebijaksanaan untuk memimpin kaumnya menuju visi masa depan, tetapi juga memiliki keberanian untuk memimpin dirinya sendiri dan hidup dengan karakter yang agung. Mereka adalah contoh dari pemimpin yang sudah ‘mengalami’ pencerahan dan manusia yang efektif serta paripurna.

‘Organisasi yang hebat dimulai dari pemimpin yang hebat, dan setiap pemimpin yang hebat mempunyai impian yang berani’.

Pemimpin yang efektif adalah orang-orang yang dengan visinya mampu untuk mengukir gambaran yang jelas tentang masa depan dan menghubungkannya dengan kegiatan orang sekitar yang dipimpinnya.

“Kamu berada di dunia ini bukan hanya untuk bertahan hidup. Kamu ada untuk memungkinkan hidup lebih sejahtera, dengan visi yang lebih hebat, dengan semangat harapan dan pencapaian yang lebih baik. Kamu ada untuk memperkaya dunia, dan kamu akan merendahkan kwalitas dirimu sendiri bila melupakan tugas itu”.

Dan Ingatlah sekali saja kamu berserah diri pada visimu maka kesuksesan akan mengejarmu, karena kesuksesan merupakan hasil.

Kesuksesan mengalir sebagai produk sampingan yang tidak diinginkan dari usaha efektif yang difokuskan ke arah tujuan yang berharga; jadi biarkan Kesuksesan itu mengalir,…dan mengalir !! tanpa pamrih akan hasil tapi FOKUS akan TUJUAN.

‘Pemimpin bukanlah tentang mengatur sesuatu tetapi tentang bagaimana memberdayakan dan mengembangkan manusia’. Secara sederhana kepemimpinan adalah mengenai membantu orang untuk membebaskan keseluruhan bakat mereka, sementara mereka ingin meraih visi yang mereka pahami sebagai potensi untuk meraih tujuan yang bernilai dan berharga berkat bantuan kamu.

Pemimpin yang terbaik mengakui bahwa kepemimpinan adalah sebuah keterampilan bukan karunia. Mereka akan terus-menerus berlatih mengasah keterampilan mereka.

Kemampuan yang dikembangkan dengan usaha yang keras adalah kemampuan untuk berpijak pada masa kini tetapi fokus dirinya pada masa depan. Pemimpin yang hebat mampu menguasai kemampuan ganda yaitu: mengelola masa kini, sementara pada saat yang sama menciptakan masa depan.

‘Pemimpin yang memiliki visi adalah seseorang yang telah mempelajari cara berkonsentrasi pada tujuan puncak sambil mempersiapkan jalan’. Contoh sebuah perusahaan tanpa komitmen yang fanatik untuk memperbaiki operasionalnya akan dikalahkan oleh kompetitornya, tapi sebuah perusahaan tanpa tujuan yang jelas untuk diraih akan pasti segera bangkrut.

Kamu harus belajar berkonsentrasi pada kontribusi karena memberi adalah proses menerima, Seringlah bertanya pada diri sendiri ‘Bagaimana aku bisa melayani ?’.

Melayani adalah salah satu tugas utama seorang pemimpin yang melibatkan hatinya dan sekali kamu melakukannya, segala hal yang lain akan mengikuti karena dengan melibatkan hati maka kamu sudah menyentuh kehidupan banyak orang.

Tunjukkan pada mereka yang bekerja bersama kamu bahwa mereka diperlukan dan penting serta puaskan dambaan mereka untuk merasa berbeda. Inilah bagian dari ritual utama pemimpin yang memiliki visi.

‘Berhentilah untuk menyalahkan orang lain atas kegagalan kepemimpinanmu, berhentilah menyalahkan keadaan keuangan yang berubah, berhentilah untuk menyalahkan dirimu sendiri atas kesempatan yang bukan untuk kamu. Bila orang tidak percaya akan visimu itu karena mereka tidak percaya kepemimpinanmu. Bila mereka tidak loyal pada kamu itu karena kamu tidak memberi alasan yang cukup pada mereka untuk loyal pada kamu. Bila mereka tidak bergairah bekerja bersama kamu itu karena kamu telah gagal memberi pada mereka hal yang membuat mereka bergairah. Begitu juga sebaliknya.

Ambillah tanggung jawab penuh dengan tidak menyalahkan keluar diri. Pahami bahwa:  ‘Kepemimpinan yang luar biasa mendahului keikutsertaan yang luar biasa’.

Rasa keikutsertaan mereka bersamamu jika kamu sungguh-sungguh memikirkan hal yang terbaik bagi mereka. Hanya pada saat mereka tahu bahwa kamu memperdulikan mereka sebagai manusia yang sama seperti kamu, maka mereka akan bersedia berjuang bersama kamu. Saat kamu lebih memprioritaskan mereka lebih daripada kepentinganmu sendiri maka kamu akan mencapai sesuatu yang bahkan lebih kuat daripada melibatkan hati mereka. Kamu akan mendapatkan kepercayaan mereka.

Jangan pernah melupakan bahwa rahasia sebenarnya sebagai seseorang yang dapat dipercaya adalah menjadi cukup berharga untuk dipercaya.

‘Pemimpin yang memiliki visi lebih peduli untuk melakukan hal yang benar daripada terlihat pandai. Kepemimpinan bukanlah tentang popularitas, tetapi tentang integritas. Bukan tentang kekuasaan tetapi tentang tujuan dan bukan tentang gelar tetapi bakat’

Pemimpin yang memiliki visi memandang diri mereka sebagai pembebas bukan pembatas bakat manusia. Pemimpin yang memiliki visi mengerti bahwa usaha bersama adalah segalanya. Memiliki kebijaksanaan untuk mengetahui bahwa kamu wajib menyediakan kesempatan dan memberikan pada mereka kapasitas yang sejati.

Dengan begitu kamu telah menawarkan kesempatan pada mereka untuk bertumbuh sebagai manusia melalui potensi mereka.

Jadikan tempat kamu berorganisasi menjadi suatu tempat untuk pengembangan diri serta pencapaian prestasi pribadi.

Berbahagialah mereka karena dihargai dan kebahagiaan mereka adalah kebahagiaan kamu.

Setiap manusia di planet bumi ini memiliki hasrat yang mendalam untuk memperkaya dan meningkatkan diri sebagai seorang manusia. Saat kamu mendedikasikan dirimu untuk membebaskan hal itu dan bukan mematikan bakat-bakat mereka yang dibawah kepemimpinanmu maka kamu akan menuai hasil yang berlipat ganda dalam bentuk loyalitas, produktifitas, kreatifitas, dan pengabdian serta motivasi yang merupakan daya kekuatan pendorong untuk mencapai visi kamu.

‘Jika kamu merasa orang yang luar biasa dengan melahirkan ide dan pemikiranmu maka uji dan buktikan juga dengan hasil yang luar biasa’.

Kebenaran dalam kepimpinan telah melewati  ujian dari waktu ke waktu. Jangan pernah mengabaikannya !.

‘Ada dua hal yang buruk bagi kesehatan jantung yaitu: berlari mendaki bukit dan merendahkan orang lain’.

Beri kesempatan dan semangat pada mereka yang gagal, karena kegagalan adalah jalan bebas hambatan menuju kemenangan dan kesuksesan. Jangan menganggap rendah pada orang yang melakukan kesalahan. Pemimipin visioner yang memiliki kebijaksanaan akan selalu memberi semangat untuk bangkit dan bukan merendahkan.

Kehormatan terbesar dari kepemimpinan adalah kesempatan untuk mengangkat dan meningkatkan kehidupan.

Kesuksesan, keuntungan, keberlimpahan, pasti akan datang pada kamu ! Pemimpin yang memiliki visi mengukur kesuksesannya melalui berapa banyak kehidupan yang dia sentuh dan berapa banyak orang yang dia ubah. Melihat kesuksesan bukan dari jangkauan kekuasaannya tetapi dengan jumlah orang yang dia beri kekuatan.

‘Salah satu kwalitas dari pemimpin yang memiliki visi terletak pada menterjemahkan niat positif menjadi kenyataan’. Kamu haruslah menyukai tindakan dan terus menemukan cara untuk lebih baik menyatukan masa kini dengan masa depan untuk mewujudkan visi itu.

Ada satu hukum kuno yaitu tentang ; ‘Hukum Niat yang menurun’ dan pastikan ini tidak terjadi pada kamu dan juga pada mereka yang bersama kamu. Hukum Niat yang menurun mengatakan bahwa semangkin lama kamu menunggu untuk menerapkan ide atau strategi baru, maka kekuatan antusiasme yang kamu miliki atas ide-ide itu akan semangkin berkurang seiring waktu dan usia.

Jangan menunda sesuatu yang merupakan ide-ide hebat yang dapat mengubah segala aspek kehidupan kamu dan jangan biarkan ide-ide hebat tersingkirkan oleh karena takut dan khawatir akan tuntutan kebutuhan untuk bertahan hidup esok hari.

Apa dan Siapa kamu adalah ‘Disini Saat ini’; itulah masa depan kamu. Yakinlah ! Keberanian yang ada dalam diri kamu mengandung kekuatan dan keajaiban.

‘Setiap kali kamu menghindar melakukan hal yang kamu yakini benar maka kamu sebenarnya telah memberi bahan bakar bagi kebiasaan melakukan hal yang salah’.

Mulailah…! pada apa yang dapat kamu mulai dan lakukanlah ! Jadikan visi kamu nyata untuk semua aspek kehidupan. Tujuan kelahiran dan kematian bukan sebatas keluarga dan anak-anak atau lingkungan kamu tapi untuk HIDUP yang abadi.

Untuk semua keabadian adalah menyelesaikan visi Hidup itu sendiri. Bangunlah !! dari tidur yang panjang karena kamu sudah ‘mengalami’ pencerahan jiwa dan sudah semestinya memberi sisa waktu dan usia untuk memberi makanan yang terang dan tenang pada jiwa kamu !.

Bebas,…Lepas, gembira dan sehat bersama Diri Pribadimu, terbanglah yang tinggi dengan kepak sayap burung Garuda yang perkasa.

Jadilah Manusia yang memiliki kekuatan bijaksana, welas asih asah asuh pada semua. Jadilah teladan dan orang tua yang baik bagi anak-anak, kekasih yang sabar dan tegas penuh kasih sayang, jadilah sahabat bagi teman dalam pergaulan. Dalam kehidupan kamu SEKARANG Jadilah Manusia Luhung Terang benderang seperti Bintang Bima Sakti.

Terima kasihku juga pada semua leluhur suci yang telah membimbing aku dan Rasa Cinta dan Syukurku tanpa syarat pada Tuhanku Yang Maha Cemerlang yang selalu memberi karunia ilmu dan hikmat kebijaksanaan dalam menyikapi keadaan dan kenyataanku. Cintaku akan mengiringi perjalanan kamu, selalu ada dan abadi dalam Terang Cahaya Rasa, Pikiran, dan Jiwa kamu.

universe2_milky_way_1024

* * *

Artikel Terkait :

Wejangan Leluhur

Manusia Seutuhnya

Manusia dan Fitrahnya

Kehidupan

Peranan Perempuan dalam Skenario Blueprint Pancasila

Kebijaksanaan dari Visi Kepemimpinan

Makna dari Ilmu & Pengetahuan (Bagian I)

Berkaca pada kepolosan anak-anak sebuah kerukuan hidup antar umat beragama

Reflectiong on Children Innocence of a Harmony Life among People Different Religious

Garuda Pancasila

Bhinneka Tunggal Ika

Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

15 Sifat Kepemimpinan Mahapatih Gajah Mada dalam Negara Kertagama oleh Mpu Prapanca

Kesadaran Kosmos & Zona Photon

Proyeksi Nusantara

19 Unsur Proses Perjalanan Rohani

The Gaia Project 2012 (Indonesia)

The Gaia Project 2012 (English)

Yoga Class

Pengertian Yoga

Kelas Yoga & Singing Bowl (Genta Tibet)

Asanas Yoga, Jiwa Gembira Melalui Gerakan-Gerakan Tubuh

Asanas Yoga. Healthy & Happy of Body & Soul

Orbs at Yoga Class

Conversation with the ORBS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: