Materi I Komunitas Sadar Sehat : Manusia & Fitrahnya

Materi HOLISTIC HEALING Workshop / Retreat

Oleh : Sang Kala Tenang Putri

eskimo nebula

MANUSIA DAN TUBUHNYA

Sesungguhnya manusia adalah mahluk yang dimuliakan di muka bumi. perlukah kita  bertanya, mengapa kita dimuliakan dan bagaimana kita bisa mengetahui bahwa, kita sebagai manusia adalah mahluk yang mulia ?

Pada sesi pertama pertemuan ini kita akan berdiskusi mengenai betapa pentingnya kita mengetahui tentang diri kita sendiri. Dengan mengetahui diri sendiri maka kita akan mengenal diri dan akhirnya bisa menjaga diri.

Manusia sebagai fitrah mahluk yang diberi ‘karunia akal’ menunjukkan kita berbeda dengan hewan, tumbuhan dan semua mahluk lainnya. Tetapi jika kita tidak menggunakan akal yang fungsinya sebagai alat pembeda pada diri kita, maka kita tidak lebih dari pada hewan.

Kehidupan yang serba ragam ini diciptakan agar akal kita dapat berfungsi. Karena kita tahu bahwa Tuhan menciptakan sesuatu tidak pernah lupa dan tidak akan sia-sia. Namun Manusialah yang menyia-nyiakan dirinya sendiri.

Tuhan Yang Maha Esa telah melengkapi kita bukan hanya tubuh semata yang terlihat, namun begitu lengkap dengan isinya baik yang terlihat diluar tubuh maupun yang di dalam tubuh.

‘Kenalilah Dirimu maka kamu akan mengenal Tuhanmu’. Kata-kata ini jangan hanya di jadikan sekedar hapalan lalu diucapkan tanpa mengerti dan mengetahui maknanya.

Alam semesta di ciptakan Tuhan seimbang, selaras dan ber-keteraturan. Begitu juga manusia diciptakan dengan hukum yang sama yaitu seimbang, selaras dan teratur

Coba kita bayangkan apabila matahari dan bulan tidak teratur pada garis edarnya, Apa yang terjadi ?. Pasti akan terjadi ketidakseimbangan dan ketidakselarasan yang akibatnya adalah kerusakan di muka bumi.

Untuk itu kami ‘Komunitas Sadar Sehat’ saat ini, berkenan untuk berbagi dengan semuanya yang tujuannya adalah, menciptakan keseimbangan dan keselarasan yang ber-keteraraturan dalam kehidupan ini, secara bersama-sama dan semata hanya ‘demi kehidupan’ itu sendiri, yang selalu memberi pada kita setiap saat tanpa pamrih.

Sekarang kita patut bertanya pada diri kita sendiri, ‘Apakah yang sudah  aku berikan pada kehidupan ’ ?

Kita adalah ladang yang subur dan mutiara yang terang cemerlang yang ada di dalam diri kita sendiri. Dengan bersikap ‘SADAR’ bahwa kita adalah ladang yang subur dan mutiara yang terang cemerlang yang ‘terpendam didalam diri’ artinya, mengapa kita mencarinya keluar diri ini ?

KESADARAN AWAL

Apakah kesadaran itu ? Kesadaran adalah, bahwa ‘saya ada’ ! dan ‘ siapakah saya’ ?

Diri kita adalah sumber dari segala sesuatu, inilah yang perlu kita ketahui dan SADARI.  Bersama keluarga, teman, rekan kerja profesi dan di manapun saat itu kita berada maka kita sadari bahwa kita adalah bagian dari mereka.

Kondisi atau keadaan dan peristiwa yang terjadi di sekitar kita merupakan ‘Kenyataan’ yang tidak bisa dihindari. Karena pada hakikatnya kenyataan adalah alat untuk mengajarkan pada diri kita agar kita mengetahui dan mengerti tentang diri kita sendiri.

Mengapa ? Karena umumnya kita banyak yang mengelak dan lari dari kenyataan, menghujat masalah yang ada, menyalahkan orang lain, masa bodo dan hal negatif yang bertentangan dengan diri kita sendiri yang memiliki sifat sebagai ‘manusia yang bertanggung jawab’ dengan bersikap seperti ini maka akan menjadi benar-benar ‘masa bodoh’.!

Bagaimana kehidupan kita bisa maju dan berkembang jika kita hidup dalam sekumpulan manusia yang tidak bertanggung jawab ?

KESADARAN merupakan awal dari dan untuk segalanya.

Sesungguhnya kita manusia bukanlah hanya tubuh atau badan ini, tapi kita adalah mahkluk Tuhan YME yang terdiri dari tiga bagian yaitu: Tubuh, Pikiran, dan Jiwa.

Kita bisa menyebutnya Fisik, non Fisik dan Metafisik. Psikiater mengatakannya dengan alam Sadar, bawah sadar dan atas sadar. Ilmu pengetahuan menyebutnya Energi, Zat, dan Sub partikel. Pemikir New Age bicara tentang Tubuh, Pikiran dan Roh. Para ahli Filsafat menyebutnya Id, Ego dan Super Ego.

Sekarang kita coba untuk beranjak dan berjalan perlahan ke alam hakiki kita yaitu Kesadaran. Kita mulai dengan kesadaran tentang : TUBUH atau BADAN

Di antara begitu banyak manusia yang menderita, ada beberapa yang sungguh-sungguh bertanya mengenai kedudukan mereka, siapa diri mereka dan mengapa mereka di tempatkan dalam kedudukan yang menyulitkan ini dan lain sebagainya.

Kalau seseorang belum disadarkan, hingga ada saatnya bertanya tentang penderitaan yang dialaminya dan juga belum menginsyafi dengan benar bahwa yang diinginkannya bukan penderitaan, tetapi ‘penyelesaian’ dari penderitaan itu. Maka, dia belum dianggap sebagai manusia yang : kenal diri, tahu diri dan jaga diri.

Karena kehidupan manusia yang sesungguhnya dimulai pada saat pertanyaan-pertanyaan seperti itu timbul dari dalam dirinya.

Tubuh atau badan kita adalah wujud nyata dan disebut sebagai lapangan kegiatan, yang perlu kita pelihara dengan baik. Manusia yang sadar akan tubuh atau badannya adalah manusia yang ‘mengetahui’ lapangan kegiatannya dalam arti sadar akan badannya.

Tubuh atau badan kita terdiri dari lima panca indria : penglihatan [mata], pendengaran [telinga], penciuman [hidung], perasa [lidah] dan peraba [kulit]. Lalu lima panca indria aktif: suara, kaki, tangan, dubur dan kemaluan.

Ada indria yang halus yaitu; pikiran. Pikiran berada di dalam badan dan dapat disebut indria dalam. Jadi pikiran pun termasuk indria kita walaupun lebih halus dari panca indria lainnya. Hal ini umumnya tidak diketahui dan disadari.

Tubuh atau badan kita mengalami enam jenis perubahan: Badan dilahirkan, tumbuh, bertahan, menghasilkan sesuatu, merosot, mati atau lenyap.

Kesadaran akan adanya tubuh dan badan ini membuat kita menyayangi dan mencintai diri kita dan menerima sepenuhnya diri ini, apa adanya.

Betapa pentingnya tubuh ini sehingga harus dicintai, disayangi dan terutama dijaga agar selalu Sehat, Kuat dan Utuh. Karena tubuh adalah wujud dari Diri Illahi Kita dan merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Jadikanlah tubuh atau badan bukan hanya sekedar perhiasan dunia namun sebagai ladang yang subur tempat kita menanan amal perbuatan dan kebajikan dalam hal:  keagungan dalam sikap, kejernihan dalam berpikir , dan kemuliaan dalam bertindak.

Tubuh atau badan sesungguhnya memiliki 12 kekuatan yang sangat menakjubkan dalam diri kita. 12 kekuatan itu sedang menanti untuk diungkapkan secara utuh agar bisa menyehatkan dan sekaligus menyembuhkan tubuh, pikiran dan jiwa kita.

Maka mulailah dari SAAT INI dan HARI INI untuk mengisi hidup kita dengan Cinta kasih dan kebijaksanaan, serta ungkapkanlah tentang siapa diri sejati kita yang sesungguhnya.

Kita akan menjelajah kedalam diri kita dimana 12 kekuatan yang luar biasa itu dapat terwujud keluar kepermukaan untuk diekspresikan, ke suatu tataran yang vital kegembiraan, kedamaian, kemakmuran dan kebahagiaan yang baru, sedang menanti kita semua. Kita akan masuk kedalam ladang yang subur yaitu; ke dalam diri kita sendiri.

Kita adalah diri pribadi yang mengagumkan, dan memiliki kekuatan dahsyat. Terimalah diri kita seutuhnya dan melangkahlah untuk menyelam kedalam diri dan temuilah  ‘Mutiara terang cemerlang’ itu.

Untuk lebih di pahami dan dimengerti maka bacalah tabel ini:

KEKUATAN CAKRA ORGAN ATAU SISTEM
IMAN MAHKOTA OTAK BESAR, KOMPUTER PUSAT
CINTA JANTUNG SISTIM PEREDARAN; JANTUNG, LIMPA, DARAH
POTENSI TULANG BELAKANG SUMSUM DAN SYARAF TULANG BELAKANG; SISTIM KOMUNIKASI
KEBUJAKSANAAN MATA KETIGA KELENJAR PITUARI DAN SEMUA KELENJAR ENDOKRIN
KUASA TENGGOROKAN PANGKAL TENGGOROKAN, SISTIM OTOT,DAN ANGGOTA TUBUH
IMAJINASI MATA KETIGA TALAMUS DI OTAK DAN INDRA PSIKIS[ESP]
PEMAHAMAN LIMA PUSAT KECIL PANCA INDRA DAN ANALISA DASAR
KEHENDAK TENGGOROKAN SISTIM PERNAPASAN, HIDUNG, SALURAN NAPAS, PARU-PARU DAN BATANG TENGGOROK
TATANAN SOLAR PLEKSUS SISTIM PENCERNAAN, SISTIM RANGKA DAN TULANG.
ANTUSIAS MATA KETIGA HIPOTELAMUS dan modulla oblongata
PELEPASAN SUCI USUS BESAR, DAN SISTIM URINER, GINJAL, URETER, DAN KANDUNG KEMIH
HIDUP REGENERATIF SISTIM REPRODUKSI PRIA DAN WANITA

Setelah kita memperhatikan table ini, apa yang ada dalam pikiran kita, dan bisakah kita membayangkan betapa  Tuhan YME telah membuat manusia tubuh atau badan beserta isinya begitu lengkap dan sempurna.

Kesempurnaan diri adalah mengakui dan menerima diri apa adanya disebabkan anugerah yang tidak terhingga ini dan banyaklah BERSYUKUR !!!.

Bersyukur bukan hanya sebatas lidah tetapi harus ada usaha atau tindakan. Lantas bagaimana selanjutnya kita mempertahankan dan memelihara tubuh atau badan ini agar tetap sehat, kuat dan utuh ?

SADAR dan SEHAT untuk tubuh adalah hal yang penting untuk mengisi kehidupan dengan berbuat kebajikan yang penuh cinta kasih sayang pada seluruh ciptaanNYA.

Jika salah satu dari organ tubuh kita mengalami kerusakan maka akan terjadi ketidak seimbangan. Tabel diatas menunjukkan seluruhnya saling terkait dan ber-keteraturan sehingga terciptalah keselarasan yang sesuai, dengan hukum alam semesta yang sesungguhnya juga saling terkait dengan kita.

“ Kenali diri anda dan SADARI kekuatan anda yang menakjubkan”. Inilah dasar dari Iman, wawasan, persepsi dan kemampuan kita untuk melihat dan memahami diri kita sendiri.

‘ Aku tiupkan RohKU,…., AKU ciptakan engkau menurut rupaKu,…maksud dan maknanya adalah, Tuhan Yang Maha Pencipta dengan Nama serta Sifat-sifatnya ada dalam diri kita. Ada kekuatan dan bimbingan Illahi dalam diri kita untuk menjalani kehidupan dengan cara-cara yang agung dan berilah kontribusi yang besar pada kehidupan dengan IMAN dan CINTA.

Selamat menjalani kehidupan dengan hal yang baru dan berbeda dari masa yang telah lalu dan kita akan bertemu lagi untuk berdiskusi tentang:

Apa sebenarnya “PIKIRAN’ itu ?  Dan bagaimana pikiran itu dapat menguasai kita dan membuat kita terguncang, sedih, stress dan lain sebagainya. Bagaimana caranya agar pikiran selalu tenang dan terkendali serta selaras dengan kondisi tubuh, dan jiwa kita.

Sebagai bekal untuk perenungan dan pertemuan selanjutnya, bacalah TIPS ini:

PIKIRAN YANG PALING MULIA adalah pikiran yang selalu berisi KEGEMBIRAAN.

SABDA YANG PALING MURNI adalah kata yang selalu berisi KEBENARAN

PERASAAN YANG PALING AGUNG adalah perasaan yang selalu berisi CINTA

Maka Penuhilah Diri dengan: KEGEMBIRAAN, KEBENARAN DAN CINTA.

Terima kasih dan salam selamat sejahtera bagi kita semua.

*

Lebih lanjut mengenai Holistic Healing Workshop / Retreat, hubungi :

email atau Facebook : artshangkala@gmail.com

Twitter : ArtShangkala & ShivaSangkala

* * *

Artikel Terkait :

Manusia Seutuhnya

Wejangan Leluhur

Kehidupan

Makna dari Ilmu & Pengetahuan (Bagian I)

Peranan Perempuan dalam Skenario Blueprint Pancasila

Kebijaksanaan dari Visi Kepemimpinan

Jati Diri & Rasa

Berkaca pada Kepolosan Anak-Anak Sebuah Kerukunan Antar Umat Beragama

Reflectiong on Children Innocence of a Harmony Life among People Different Religious

Garuda Pancasila

Bhinneka Tunggal Ika

Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

15 Sifat Kepemimpinan Mahapatih Gajah Mada dalam Negara Kertagama oleh Mpu Prapanca

Kesadaran Kosmik & Zona Photon

Proyeksi Nusantara

19 Unsur Proses Perjalanan Rohani

The Gaia Project 2012 (Indonesia)

The Gaia Project 2012 (English)

Conversation with the ORBS

Bali Classical Dance Course

Int’l Performance of I Putu Silaniyama

Pelatihan Perguruan Silat Tadjimalela

Prosesi ala PS Tadjimalela

Reiki di Pulau Dewata Bali

Yoga Class

Pengertian Yoga

Kelas Yoga & Singing Bowl (Genta Tibet)

Asanas Yoga, Jiwa Gembira Melalui Gerakan-Gerakan Tubuh

Asanas Yoga. Healthy & Happy of Body & Soul

Undangan Yoga & Bedah Buku

Prenatal Yoga

Yoga Ibu Hamil

Meditasi

Rileksasi Dalam

Meditation

Cakra & Kundalini

Holistic Healing Workshop

Holistic Healing Workshop – English

Awareness is Key to Evoke Healing Light

Kesadaran adalah Kunci Membangkitkan Cahaya Kesembuhan

‘Ancient Tantra Kriya Yoga’ & ‘Energy Transformation Micro – Macrocosm’ Workshop

Ketulusan Mencintai Orang Lain Berawal dari Ketulusan Mencintai Diri Sendiri

Deep Inside ‘Nyepi’ – Silence Day (Hindu Lunar New Year)

Body Earth Healing

Aura Colors Reading Workshop

Yin Yoga & Consciousness Meditation at the STONES, Kuta, Bali

The Studio Wellness Program at the STONES, Kuta, Bali

Chi dan Energi Penyembuhan

Natural Healing with Acupuncture

Acupuncture for Slimming

Acupuncture for Beauty

Nerang

Rain Stopper

Badung Market, Bali

Pasar Badung, Bali

Senam Sehat Seumur Hidup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: