Nerang

by: A. Sari

Tahukah anda apa ‘nerang’ itu ?

Kebanyakan orang mendengar istilah ‘pawang hujan’. Pawang hujan nama lain dari nerang. Bahasa Inggrisnya adalah ‘rain stopper’. Nerang berarti menerangkan langit dengan memohon pada Yang Terang, Sang Hidup, Tuhan YME.

Sosok ibu yang saya temui di Pulau Dewata ini telah menggeluti dunia ‘nerang’ memang baru 5 tahun. Ibu Tri panggilan akrab beliau. Namun kliennya saat ini kebanyakan adalah hotel-hotel executive seperti Amanusa, Four Seasons, Bvlgari dll. Bahkan ada pula hotel di luar Bali seperti di Jakarta dan Thailand yang menjadi kliennya.

Bu Tri menjelaskan dalam melakukan nerang, ia tidak menggunakan banyak ritual dan sesaji (banten dalam bahasa Bali). Ia cukup meditasi langsung pada Sang Sumber. Dari hasil meditasi, langit menjadi cerah, tidak hujan atau awan yang tadinya tebal digeser, dialokasikan ke tempat lain. Biasanya awan hujan dialihkan ke wilayah kering di Bali seperti Singaraja dan Nusa Penida. Namun bila awan terlalu tebal dan berat, maka dialokasikan ke wilayah terdekat 10-15km.

Ibu Tri

gb : Ibu Tri

Awalnya Bu Tri mengerjakan nerang untuk membantu teman-temannya yang mempunyai hajat. Dari yang tidak di bayar akhirnya teman-temannya secara sadar memberinya tanda terima kasih dan ada pula yang member tanda mata. Sehingga akhirnya nerang menjadi kegiatan profesionalnya.

Yang penting dalam nerang adalah, adanya orang sebagai penghubung di lokasi kegiatan klien. Penghubung ini yang selalu memberi kabar pada Bu Tri keadaan langit dan awan. Sehingga Bu Tri cukup standby di rumah, menunggu kabar penghubungnya. Ia tak perlu berada di lokasi, cukup awal (hari pertama) saja di lokasi atau hotel untuk menyelaraskan frekuensi alam di sekitarnya. Selain itu diperlukan nama lengkap klien dan lokasi yang jelas.

media lilin nerang

gb : media nerang

media nerang1

gb : media nerang 1

Bila diperhatikan, dalam mengalihkan hujan, jasa nerang jauh lebih baik daripada menggunakan teknologi laser. Banyak warga sekitar hotel mengeluhkan efek dari penggunaan laser dalam pengalihan hujan. Bila sebuah hotel menggunakan laser, malamnya dan esok harinya cuaca di wilayah sekitar hotel dalam radius yang cukup luas, pasti merasakan panas sangat pekat, tak tertahankan. Dari banyaknya keluhan warga, akhirnya pemda Bali menggeluarkan larangan penggunaan laser. Namun masih saja kadang-kadang ada hotel yang bandel masih menggunakan laser untuk mengalihkan hujan.

Bila anda tertarik menggunakan jasa nerang untuk event-event anda baik di Bali, di Jawa bahkan di luar negeri, hubungi:

  • management shangkala : +628123818872 atau
  • email lengkap (nama anda, event dan lokasi) ke : artshangkala@gmail.com

* * *

Artikel terkait :

Nerang – Rain Stopper

Rain Stopper

Perguruan Silat Tadjimalela

Pelatihan PS Tadjimalela

Prosesi Ala PS Tadjimalela

Pengalaman Pelatih Silat Lokal di Kancah Global

Momen Pelatihan dan Kejuaraan Timnas Indonesia

PS Tadjimalela – Konsolidasi Batin dalam Halal bi Halal

Kerajaan Sumedang Larang

Pencak Silat, Warisan Budaya Bangsa

Reiki di Pulau Dewata Bali

Yoga Class

Kelas Yoga & Singing Bowl (Genta Tibet)

Asanas Yoga, Jiwa Gembira Melalui Gerakan-Gerakan Tubuh

Asanas Yoga. Healthy & Happy of Body & Soul

Prenatal Yoga

Yoga Ibu Hamil

Meditasi

Rileksasi Dalam

Meditation

Surya Candra Bhuana

Bali Classical Dance Course

Int’l Performance of I Putu Silaniyama

Seniman Pelukis Tokoh-Tokoh Besar Dunia

Senam Sehat Seumur Hidup

Thanks fro What We Have – Music Performance at the Orphanage

Makanan Sunda

Susunan Warna Kasundaan

Manusia Seutuhnya

Kehidupan

Makna dari Ilmu & Pengetahuan (Bagian I)

Manusia dan Fitrahnya

Peranan Perempuan dalam Skenario Blueprint Pancasila

Kebijaksanaan dari Visi Kepemimpinan

Jati Diri & Rasa

Berkaca pada Kepolosan Anak-Anak Sebuah Kerukunan Antar Umat Beragama

Kesadaran Kosmos & Zona Photon

Proyeksi Nusantara

19 Unsur Proses Perjalanan Rohani

The Gaia Project 2012 (Indonesia)

The Gaia Project 2012 (English)

2 responses to “Nerang”

  1. ibu yang terhormat…. saya sangat tertarik dengan swadarma yang ibu jalankan, sebagai orang bali dan pecinta hal-hal gaib dengan konsep ngayah, saya sangat berminat untuk mendalami ilmu nerang dan hujan ini… tanpa bermaksud meremehkan hyang maha kuasa dan Sang Hyang Aji Saraswati, bisakah ibu memberikan informasi atau gemblengan spiritual kepada saya khususnya masalah nerang ini, mohon infonya. terima kasih

  2. Om Swastiastu

    Ibu Kadek yang baik.
    Yang dapat memberikan langsung pengajaran nerang ini adalah Ibu Tri. Ibu Kadek bisa menghubungi via HP di atas. Namun kami tidak tahu apakah beliau bisa langsung memberikan pengajaran. Karena ayah daripada Ibu Tri baru saja ‘mangkat’. Namun kami yakin beliau pasti senang dengan niat ibu Kadek.
    Karena saat di Bali, tim Shangkala juga sempat diajarkan ‘nerang’ oleh beliau & suaminya. Kebetulan waktu itu kami nerang di sebuah hotel bintang di Nusa Dua.

    Terang-Bahagia,
    Tim Shangkala

Leave a comment